Pemantauan Pemanfaatan Sumberdaya Kelautan di Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Karang Jeruk, Tegal.

Jakarta (Pemilu2019) – Kegiatan Penerapan Teknik Pemantauan pada Training of Trainer (ToT) Pemantauan Pemanfaatan Sumberdaya Kelautan di Kawasan Konservasi Perairan ini di laksanakan di Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Karang Jeruk, Tegal. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan tim pemantauan sebanyak enam orang, yang merupakan peserta pelatihan dengan didampingi pelatih serta Pengawas dari DitJen PSDKP (Pengawas Sumberdaya Kelautan dan Perikanan). Pemantauan ini menggunakan kapal nelayan bernama Jati Arum. Rute perjalanan pemantauan melalui Pelabuhan Tegalsari sampai karang Jeruk. Pemanfaat sumberdaya yang kami temukan saat pemantauan hanya satu, yaitu nelayan. Pada saat pemantauan tidak ditemukan adanya pelanggaran.

Kapal nelayan yang bersandar di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Tegalsari, Senin (24/3). (Pemilu2019-Prasenja)

Peserta pelatihan ToT Pemantauan KKP sedang melakukan persiapan dengan memakai baju pelampung sebelum berangkat ke Karang Jeruk, Tegal, Senin (17/3)

Para peserta ToT Pemantauan Pemanfaatan Sumberdaya Kelautan di Kawasan Konservasi Perairan melakukan persiapan dengan memakai baju pelampung sebelum pemantauan Kawasan Karang Jeruk, Senin (24/3). (Pemilu2019-Prasenja)

Sebuah kapal nelayan yang sedang menebar jaring di Kawasan Konservasi Perairan Daerah Karang Jeruk, Tegal Senin (17/03) menggunakan jaring purse seine waring. Penggunaan jaring purse seine waring sudah dilarang karena diameter jaring yang sangat kecil yang membuat ikan kecil pun ikut terjaring sehingga tidak ramah populasi ikan.

Sebuah kapal nelayan menebar jaring di Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Karang Jeruk, Tegal, Senin (24/3). (Pemilu2019-Prasenja)

Dua kapal nelayan sedang menjaring ikan di Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Karang Jeruk, Senin (17/03).

Dua buah kapal nelayan menebar jaring di Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Karang Jeruk, Tegal, Senin (24/3). (Pemilu2019-Prasenja)

Seorang nelayan sedang menarik jangkar untuk berpindah lokasi setelah dirasa hasil tangkapannya mulai berkurang, Senin (24/3).

Seorang nelayan menarik jangkar untuk pindah ke lokasi lainnya untuk memancing ikan di sekitaran Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Karang Jeruk, Tegal, Senin (24/3). (Pemilu2019-Prasenja)

Para nelayan yang sedang menarik jaring purse seine (waring) dengan hasil tangkapan ikan teri, Senin (24/3).

Para nelayan menarik jaring yang berisikan ikan teri di sekitaran Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Karang Jeruk, Tegal, Senin (24/3). Sebagian besar nelayan di perairan Karang Jeruk pada saat ini adalah mejaring teri dengan menggunakan jaring modifikasi purse seine (waring) . (Pemilu2019-Prasenja)

Menu makan siang yang berupa hasil tangkapan ikan dimasak langsung dari atas kapal. (Pemilu2019-Prasenja)

Para nelayan yang sedang menyantap makan siang yang dimasak langsung dari atas kapal dari sebagian hasil tangkapan mereka, Senin (24/3). (Pemilu2019-Prasenja)

Peserta ToT yang sedang melakukan wawancara dengan nelayan terkait alat tangkap dan hasil tangkapan nelayan, Senin (24/3). (Pemilu2019-Prasenja)

Seorang nelayan yang sedang memancing ikan dari atas sampannya di Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Karang Jeruk, Tegal, Senin (24/3). (Pemilu2019-Prasenja)

http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=http://pemilu2019.com/article/139444/pemantauan-pemanfaatan-sumberdaya-kelautan-di-kawasan-konservasi-perairan-di-kawasan-konservasi-perairan-daerah-kkpd-karang-jeruk-tegal.html&layout=standard&show_faces=false&width=450&action=like&font&colorscheme=light&height=35

Tulisan ini dipublikasikan di Perjalanan dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.